RPP Sistem Operasi Jaringan Kelas XI/Ganjil Pertemuan 4-6 (KD 3.2/4.2)




 

PEMERINTAH PROVINSI JAWA BARAT
DINAS PENDIDIKAN
SMK  NEGERI 1 BALONGAN

FORMULIR
Kode. Dok
F.PBM.07
Edisi/Revisi
A/1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Tanggal
17 Juli 2017
Halaman

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah               : SMK Negeri 1 Balongan
Mata Pelajaran               : Sistem Operasi Jaringan
Kompetensi Keahlian    : Teknik Komputer Jaringan
Kelas/Semester              : XI / Ganjil
Tahun Pelajaran             : 2017 / 2018
Pertemuan Ke                : 4 s/d 6
Alokasi Waktu              : 3 (4 x 45 menit)

I.       Kompetensi Inti
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghayati dan Mengamalkan perilaku jujur, disiplin,tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

II.    Kompetensi Dasar
1.1.       Memahami nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
1.2.       Mendeskripsikan kebesaran Tuhan yang menciptakan berbagai sumber energi di alam
1.3.       Mengamalkan nilai-nilai keimanan sesuai dengan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari
2.1.       Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
2.2.       Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
3.2.      Menganalisis kebutuhan perangkat server
4.2.      Menyajikan hasil analisis kebutuhan perangkat server

III.  Indikator Pencapaian Kompetensi
Siswa dapat :
3.2.1.         Menjelaskan spesifikasi dan identifikasi perangkat keras (hardware)
3.2.2.         Mengaalisis spesifikasi dan identifikasi perangkat keras (hardware)
3.2.3.         Menjelaskan spesifikasi dan identifikasi perangkat lunak (software)
3.2.4.         Menganalisis spesifikasi dan identifikasi perangkat lunak (software)
4.2.1.         Menyajikan informasi dan memahami mengenai spesifikasi dan identifikasi perangkat keras (hardware)
4.2.2.         Menyajikan informasi dan memahami mengenai spesifikasi dan identifikasi perangkat lunak (software)

IV.     Tujuan Pembelajaran
1.         Melalui praktek dan penjelasan diharapkan peserta didik mampu menjelaskan mengenai spesifikasi dan identifikasi perangkat keras (hardware)
2.         Melalui praktek dan penjelasan diharapkan peserta didik mampu menganalisis spesifikasi dan identifikasi perangkat lunak (software)
3.         Melalui praktek dan penjelasan diharapkan peserta didik mampu menjelaskan mengenai spesifikasi dan identifikasi perangkat keras (hardware)
4.         Melalui praktek dan penjelasan diharapkan peserta didik mampu menganalisis spesifikasi dan identifikasi perangkat lunak (software)
5.         Setelah  melakukan diskusi peserta didik mampu menyajikan informasi dan memahami mengenai spesifikasi dan identifikasi perangkat keras (hardware)
6.         Setelah  melakukan diskusi peserta didik mampu menyajikan informasi dan memahami mengenai spesifikasi dan identifikasi perangkat lunak (software)

V.        Materi Pembelajaran
Analisis Kebutuhan Perangkat Server
1.         Spesifikasi dan identifikasi perangkat keras (hardware)
2.         Spesifikasi dan identifikasi perangkat lunak (software)

VI.     Metode Pembelajaran
1.         Pendekatan :    Scientific Learning
2.         Strategi        :    Cooperatif Learning
3.         Model         :    Problem Based Learning
4.         Metode       :    Diskusi kelompok, ceramah, tanya jawab dan penugasan

VII.  Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan 4
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi
Waktu
A.     Pendahuluan
1.      Siswa menjawab sapaan guru, berdoa dan mengordinasikan diri siap belajar
2.       Guru memberikan informasi pentingnya kejujuran, ketelitian dan disiplin dalam melaksanakan segala sesuatu
3.       Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan penjelasan tentang manfaat menguasai materi pembelajaran
4.       Guru menyampaikan pokok-pokok/cakupan materi pembelajaran
15 menit
B.       Inti
Mengamati
Guru mengajak siswa mengamati tayangan /gambar tentang analisis kebutuhan perangkat server

Menanya
Guru mengajukan pertanyaan terkait tayangan/gambar atau teks pembelajaran tentang analisis kebutuhan perangkat server

Mengeksplorasi
1.      Siswa diberikan perangkat keras keperluan server untuk dieksplorasi secar berklompok
2.      Siswa diminta mengeksplorasi spesifikasi perangkat keras (hardware) untuk keperluan server

Mengasosiasi
Setiap siswa dalam kelompok menganalisis hasil identifikasi perangkat keras server

Mengkomunikasikan
Siswa mempresentasikan hasil analisis mengenai materi perangkat keras server dan menyajikannya dalam bentuk laporan
30 menit



25 menit



25 menit





25 menit



45 menit
C.       Penutup
1.       Siswa menyimpulkan materi pembelajaran yang telah di pelajari
2.       Siswa merefleksikan penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat catatan penguasaan materi
3.       Siswa menyelesaikan tugas evaluasi
4.       Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
5.       Kegiatan pembelajaran diakhiri dengan salam
15 menit

Pertemuan 5
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi
Waktu
A.     Pendahuluan
1.      Siswa menjawab sapaan guru, berdoa dan mengordinasikan diri siap belajar
2.       Guru memberikan informasi pentingnya kejujuran, ketelitian dan disiplin dalam melaksanakan segala sesuatu
3.       Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan penjelasan tentang manfaat menguasai materi pembelajaran
4.       Guru menyampaikan pokok-pokok/cakupan materi pembelajaran
15 menit
B.       Inti
Mengamati
Guru mengajak siswa mengamati tayangan /gambar tentang analisis kebutuhan perangkat server

Menanya
Guru mengajukan pertanyaan terkait tayangan/gambar atau teks pembelajaran tentang analisis kebutuhan perangkat server

Mengeksplorasi
1.      Siswa diminta mengeksplorasi spesifikasi perangkat keras (hardware) untuk keperluan server
2.      Siswa diminta mengeksplorasi spesifikasi perangkat lunak (software) untuk keperluan server

Mengasosiasi
1.      Setiap siswa dalam kelompok menganalisis hasil identifikasi perangkat keras server
2.      Setiap siswa dalam kelompok menganalisis hasil identifikasi perangkat lunak server

Mengkomunikasikan
1.      Menyampaikan hasil analisis dalam bentuk gambar perangkat keras server
2.      Menyampaikan hasil analisis dalam bentuk gambar perangkat lunak server
30 menit



25 menit



25 menit





25 menit





45 menit
C.       Penutup
1.      Siswa menyimpulkan materi pembelajaran yang telah di pelajari
2.       Siswa merefleksikan penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat catatan penguasaan materi
3.       Siswa menyelesaikan tugas evaluasi
4.       Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
5.       Kegiatan pembelajaran diakhiri dengan salam
15 menit

Pertemuan 6
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi
Waktu
A.     Pendahuluan
1.   Siswa menjawab sapaan guru, berdoa dan mengordinasikan diri siap belajar
2.   Guru memberikan informasi pentingnya kejujuran, ketelitian dan disiplin dalam melaksanakan segala sesuatu
3.   Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan penjelasan tentang manfaat menguasai materi pembelajaran
4.   Guru menyampaikan pokok-pokok/cakupan materi pembelajaran
15 menit
B.       Inti
Mengamati
Guru mengajak siswa tayangan /gambar tentang analisis kebutuhan perangkat server

Menanya
Guru mengajukan pertanyaan terkait tayangan/gambar atau teks pembelajaran tentang analisis kebutuhan perangkat server

Mengeksplorasi
Siswa mengeksplorasi spesifikasi perangkat lunak (software) untuk keperluan server

Mengasosiasi
Siswa menganalisis hasil identifikasi perangkat lunak server dengan mendiskusikannya bersama siswa lain

Mengkomunikasikan
Siswa menyampaikan hasil analisis dalam bentuk gambar perangkat lunak server
30 menit



25 menit



25 menit



25 menit



45 menit
C.       Penutup
1.      Siswa menyimpulkan materi pembelajaran yang telah di pelajari
2.       Siswa merefleksikan penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat catatan penguasaan materi
3.       Siswa menyelesaikan tugas evaluasi
4.       Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
5.       Kegiatan pembelajaran diakhiri dengan salam
15 menit




VIII.        Alat/Bahan dan Media Pembelajaran

1.      Alat/Bahan
a.       Komputer / Laptop
b.      Video
c.       Software untuk keperluan server
d.      Hardware untuk keperluan server

2.      Media Pembelajaran
a.       Power Point
b.      LCD Proyektor
c.       Internet

IX.  Sumber Belajar
1.      Pranata, Kadek Surya. 2013. Sistem Operasi Jaringan Untuk SMK / MAK Kelas XI Semester I. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
2.      Madcoms, 2003.Dasar teknis instalasi jaringan komputer.Madiun:Penerbit Andi
3.      Fauziah,2011.RPL 1 Rekayasa Perangkat Lunak SMK Kelas X, Bogor:Yudhistira

X.     Penilaian Pembelajaran
1.      Jenis/teknik penilaian
2.      Bentuk instrumen dan instrumen
a.       Bentuk instrumen
                                      i.      Test            :    Test Uraian
b.      Instrumen
                                      i.      Test (Terlampir)
3.      Pedoman penskoran (Terlampir)


Mengetahui,
Kepala Sekolah





Drs. H. KOMAR, M.Pd
NIP. 19580518 198703 1 003
Indramayu, 17 Juli 2017
Guru Mata Pelajaran





ISNAENI RAHMAWATI, S.Pd
NIP.


Download disini : RPP SOJ Pertemuan 4-6

Comments

Popular posts from this blog

Soal UTS Pengolahan Citra Digital SMK MM Kelas XI Semester 1

MATERI V FIREWALL DI HOST DAN SERVER

MODUL / MATERI Keamanan Jaringan XII TKJ