RPP Sistem Operasi Jaringan Kelas XI/Ganjil Pertemuan 12-13 (KD 3.5/4.5)
|
PEMERINTAH
PROVINSI JAWA BARAT
DINAS
PENDIDIKAN
SMK
NEGERI 1 BALONGAN
|
|
|
FORMULIR
|
Kode. Dok
|
F.PBM.07
|
|
Edisi/Revisi
|
A/1
|
||
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
|
Tanggal
|
17 Juli 2017
|
|
Halaman
|
|
||
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah :
SMK Negeri 1 Balongan
Mata Pelajaran :
Sistem
Operasi Jaringan
Kompetensi
Keahlian : Teknik Komputer Jaringan
Kelas/Semester :
XI / Ganjil
Tahun
Pelajaran : 2017/2018
Pertemuan
Ke : 12 s/d 13
Alokasi Waktu :
2
(4 x 45 menit)
I.
Kompetensi
Inti
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama
yang dianutnya.
2.
Menghayati dan Mengamalkan perilaku jujur,
disiplin,tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan proaktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi
atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
3.
Memahami, menerapkan dan menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah
pengawasan langsung.
II.
Kompetensi Dasar
1.1.
Memahami
nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas
alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
1.2.
Mendeskripsikan
kebesaran Tuhan yang menciptakan berbagai sumber energi di alam
1.3.
Mengamalkan
nilai-nilai keimanan sesuai dengan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari
2.1.
Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap
dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
2.2.
Menghargai
kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
3.5.
Menganalisis
proses service dan event sistem operasi jaringan
4.5.
Menyajikan
hasil pengamatan proses service dan event sistem operasi jaringan
III.
Indikator Pencapaian Kompetensi
Siswa dapat :
3.5.1. Memahami proses service pada sistem operasi jaringan
(Pertemuan 12)
3.5.2. Menganalisis proses service pada sistem operasi jaringan
(Pertemuan 12)
3.5.3. Memahami event pada sistem operasi jaringan (Pertemuan
13)
3.5.4. Menganalisis event pada sistem operasi jaringan
(Pertemuan 13)
4.5.1. Menyajikan informasi dan memahami mengenai proses service
pada sistem operasi jaringan
4.5.2. Menyajikan informasi dan memahami mengenai event pada
sistem operasi jaringan
IV.
Tujuan Pembelajaran
1.
Melalui praktek dan penjelasan diharapkan
peserta didik mampu memahami mengenai proses service pada sistem operasi
jaringan
2.
Melalui praktek dan penjelasan diharapkan
peserta didik mampu memahami mengenai event pada sistem operasi jaringan
V.
Materi
Pembelajaran
Analisis Proses Service dan Event
Sistem Operasi Jaringan
a.
Proses service
b.
Event
VI. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific
Learning
2. Strategi : Cooperatif
Learning
3. Model : Problem
Based Learning
4. Metode : Diskusi kelompok, ceramah, tanya jawab,
simulasi/praktek dan penugasan
VII. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 12
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Pendahuluan
|
1.
Siswa
menjawab sapaan guru, berdoa dan mengordinasikan diri siap belajar
2.
Guru
memberikan informasi pentingnya kejujuran, ketelitian
dan disiplin dalam melaksanakan segala sesuatu
3.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan penjelasan tentang manfaat
menguasai materi pembelajaran
4.
Guru
menyampaikan pokok-pokok/cakupan materi pembelajaran
|
15 menit
|
B.
Inti
|
Mengamati
1.
Guru mengajak siswa mengamati tayangan /gambar tentang analisis proses
service dan event sistem operasi jaringan
2.
Guru mensimulasikan / praktek
proses service dan event system operasi jaringan (Debian)
Menanya
Siswa
mengajukan pertanyaan terkait
tayangan/gambar atau teks pembelajaran tentang analisis proses
service dan event sistem operasi jaringan
Mengeksplorasi
Siswa
melakukan praktik langsung untuk mengeksplorasi
proses
service pada sistem operasi jaringan
Mengasosiasi
Siswa
menganalisis hasil
eksplorasi proses service dan melaporkan hasilnya pada jobsheet
Mengkomunikasikan
1.
Siswa mengkomunikasikan hasil analisis proses service pada
sistem operasi jaringan
2.
Siswa menanggapi hasil analisis siswa lain untuk
mengkonfirmasi dan saling melengkapi penguasaan materi proses service pada sistem operasi
jaringan
|
30 menit
25 menit
25 menit
25 menit
45 menit
|
C.
Penutup
|
1.
Siswa
menyimpulkan materi pembelajaran yang telah di pelajari
2.
Siswa
merefleksikan penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat catatan
penguasaan materi
3.
Siswa
mengerjakan
evaluasi materi proses
service pada sistem operasi jaringan
4.
Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan
berikutnya.
5.
Kegiatan
pembelajaran
diakhiri dengan salam
|
15 menit
|
Pertemuan 13
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Pendahuluan
|
1.
Siswa
menjawab sapaan guru, berdoa dan mengordinasikan diri siap belajar
2.
Guru
memberikan informasi pentingnya kejujuran, ketelitian
dan disiplin dalam melaksanakan segala sesuatu
3.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan penjelasan tentang manfaat
menguasai materi pembelajaran
4.
Guru
menyampaikan pokok-pokok/cakupan materi pembelajaran
|
15 menit
|
B.
Inti
|
Mengamati
1.
Guru mengajak siswa mengamati tayangan /gambar tentang analisis proses
service dan event sistem operasi jaringan
2.
Guru mensimulasikan proses service
dan event system operasi jaringan (Debian)
Menanya
Siswa
mengajukan pertanyaan terkait
tayangan/gambar atau teks pembelajaran tentang analisis proses
service dan event sistem operasi jaringan
Mengeksplorasi
Siswa
melakukan praktik langsung untuk mengeksplorasi
event
pada sistem operasi jaringan
Mengasosiasi
Siswa
enganalisis event pada sistem operasi jaringan dan melaporkan hasilnya pada
jobsheet
Mengkomunikasikan
1.
Siswa menyampaikan hasil analisis event pada sistem
operasi jaringan kepada guru dan siswa lain
2.
Siswa menanggapi hasil analisis siswa lain untuk mengkonfirmasi
dan saling melengkapi penguasaan materi analisis event pada sistem
operasi jaringan
|
30 menit
25 menit
25 menit
25 menit
45 menit
|
C.
Penutup
|
1.
Siswa
menyimpulkan materi pembelajaran yang telah di pelajari
2.
Siswa
merefleksikan penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat catatan
penguasaan materi
3.
Siswa
mengerjakan
evaluasi event pada sistem operasi jaringan
4.
Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan
berikutnya.
5.
Kegiatan
pembelajaran
diakhiri dengan salam
|
15 menit
|
VIII.
Alat/Bahan dan Media Pembelajaran
1. Alat/Bahan
a.
Komputer
/ Laptop
b.
Software
VirtualBox
c.
Sistem
Operasi Debian
d.
Modul
pembelajaran
2. Media Pembelajaran
a.
Power
Point
b.
LCD
Proyektor
c.
Internet
IX.
Sumber Belajar
1. Pranata, Kadek Surya, 2013. Sistem Operasi Jaringan
Untuk SMK / MAK Kelas XI Semester I. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan
Kebudayaan.
2. Madcoms, 2003.Dasar teknis instalasi jaringan
komputer.Madiun:Penerbit Andi
3. Fauziah,2011.RPL 1 Rekayasa Perangkat Lunak SMK Kelas
X, Bogor:Yudhistira
X.
Penilaian Pembelajaran
1.
Jenis/teknik
penilaian
2.
Bentuk
instrumen dan instrumen
d.
Bentuk
instrumen
1)
Test : Test
Uraian
e.
Instrumen
1)
Test
(Terlampir)
3.
Pedoman
penskoran (Terlampir)
Mengetahui,
Kepala
Sekolah
Drs. H. KOMAR, M.Pd
NIP. 19580518 198703 1
003
|
Indramayu,
17 Juli 2017
Guru Mata
Pelajaran
ISNAENI RAHMAWATI, S.Pd
NIP.
|
Comments
Post a Comment
Silahkan Komentar :)