RPP Sistem Operasi Jaringan Kelas XI/Ganjil Pertemuan 14-16 (KD 3.6/4.6)



PEMERINTAH PROVINSI JAWA BARAT
DINAS PENDIDIKAN
SMK  NEGERI 1 BALONGAN

FORMULIR
Kode. Dok
F.PBM.07
Edisi/Revisi
A/1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Tanggal
17 Juli 2017
Halaman


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah               : SMK Negeri 1 Balongan
Mata Pelajaran               : Sistem Operasi Jaringan
Kompetensi Keahlian    : Teknik Komputer Jaringan
Kelas/Semester              : XI / Ganjil
Tahun Pelajaran             : 2017/2018
Pertemuan Ke                : 14 s/d 16
Alokasi Waktu              : 3 (4 x 45 menit)

I.          Kompetensi Inti
1.         Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.         Menghayati dan Mengamalkan perilaku jujur, disiplin,tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.         Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
4.         Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

II.       Kompetensi Dasar
1.1.       Memahami nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
1.2.       Mendeskripsikan kebesaran Tuhan yang menciptakan berbagai sumber energi di alam
1.3.       Mengamalkan nilai-nilai keimanan sesuai dengan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari
2.1.       Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
2.2.       Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
3.6.      Memahami cara penjadwalan proses
4.6.      Menyajikan hasil penjadwalan proses

III.    Indikator Pencapaian Kompetensi
Siswa dapat :
3.6.1.      Memahami proses pada sistem operasi (Pertemuan 14)
3.6.2.      Memahami penjadwalan proses (Pertemuan 15)
3.6.3.      Memahami algoritma penjadwalan proses (Pertemuan 16)
3.6.4.      Menganalisis algoritma penjadwalan proses (Pertemuan 16)
4.6.1.      Menyajikan informasi dan memahami mengenai proses pada sistem operasi
4.6.2.      Menyajikan informasi dan memahami mengenai penjadwalan proses
4.6.3.      Menyajikan informasi dan memahami mengenai algoritma penjadwalan proses

IV.     Tujuan Pembelajaran
1.         Melalui praktek dan penjelasan diharapkan peserta didik mampu memahami mengenai proses pada sistem operasi
2.         Melalui praktek dan penjelasan diharapkan peserta didik mampu memahami mengenai penjadwalan proses
3.         Melalui praktek dan penjelasan diharapkan peserta didik mampu memahami mengenai algoritma penjadwalan proses

V.        Materi Pembelajaran
Penjadwalan Proses Pada Sistem Operasi
a.       Proses pada sistem operasi
b.      Penjadwalan proses
c.       Algoritma penjadwalan proses

VI.     Metode Pembelajaran
1.      Pendekatan    :    Scientific Learning
2.      Strategi           :    Cooperatif Learning
3.      Model            :    Problem Based Learning
4.      Metode          :    Diskusi kelompok, ceramah, tanya jawab, simulasi/praktek dan penugasan

VII.  Kegiatan  Pembelajaran

Pertemuan 14
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi
Waktu
A.     Pendahuluan
1.      Siswa menjawab sapaan guru, berdoa dan mengordinasikan diri siap belajar
2.       Guru memberikan informasi pentingnya kejujuran, ketelitian dan disiplin dalam melaksanakan segala sesuatu
3.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan penjelasan tentang manfaat menguasai materi pembelajaran
4.       Guru menyampaikan pokok-pokok/cakupan materi pembelajaran
15 menit
B.       Inti
Mengamati
1.      Guru mengajak siswa mengamati tayangan /gambar tentang manajemen penjadwalan proses sistem operasi jaringan
2.      Guru mensimulasikan / praktek penjadwalan proses sistem operasi jaringan

Menanya
Siswa dan/ guru mengajukan pertanyaan terkait tayangan/gambar atau teks pembelajaran tentang Penjadwalan proses

Mengeksplorasi
Siswa melakukan praktik langsung untuk mengeksplorasi penjadwalan proses pada sistem operasi jaringan

Mengasosiasi
Siswa menganalisis hasil eksplorasi penjadwalan proses pada  sistem operasi dan melaporkan hasilnya pada jobsheet

Mengkomunikasikan
1.      Siswa menyampaikan hasil analisis proses pada sistem operasi jaringan
2.      Siswa menanggapi  hasil analisis siswa lain untuk mengkonfirmasi dan saling melengkapi penguasaan materi proses pada sistem operasi jaringan
30 menit





25 menit




25 menit



25 menit



45 menit
C.       Penutup
1.      Siswa menyimpulkan materi pembelajaran yang telah di pelajari
2.       Siswa merefleksikan penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat catatan penguasaan materi
3.       Siswa mengerjakan evaluasi materi sistem file pada sistem operasi jaringan
4.       Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
5.       Kegiatan pembelajaran diakhiri dengan salam
15 menit

Pertemuan 15
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi
Waktu
A.     Pendahuluan
1.      Siswa menjawab sapaan guru, berdoa dan mengordinasikan diri siap belajar
2.       Guru memberikan informasi pentingnya kejujuran, ketelitian dan disiplin dalam melaksanakan segala sesuatu
3.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan penjelasan tentang manfaat menguasai materi pembelajaran
4.       Guru menyampaikan pokok-pokok/cakupan materi pembelajaran
15 menit
B.       Inti
Mengamati
1.      Guru mengajak siswa mengamati tayangan /gambar tentang manajemen penjadwalan proses sistem operasi jaringan
2.      Guru mensimulasikan / praktek penjadwalan proses sistem operasi jaringan

Menanya
Siswa dan/ guru mengajukan pertanyaan terkait tayangan/gambar atau teks pembelajaran tentang Penjadwalan proses

Mengeksplorasi
Siswa melakukan praktik langsung untuk mengeksplorasi penjadwalan proses pada sistem operasi

Mengasosiasi
Siswa melakukan praktik langsung menganalisis hasil eksplorasi penjadwalan proses pada  sistem operasi

Mengkomunikasikan
1.      Siswa mengkomunikasikan hasil analisis penjadwalan proses pada  sistem operasi
2.      Siswa menanggapi  hasil analisis siswa lain untuk mengkonfirmasi dan saling melengkapi penguasaan materi penjadwalan proses pada  sistem operasi
30 menit





25 menit




25 menit



25 menit



45 menit
C.       Penutup
1.      Siswa menyimpulkan materi pembelajaran yang telah di pelajari
2.       Siswa merefleksikan penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat catatan penguasaan materi
3.       Siswa mengerjakan evaluasi materi sistem file pada sistem operasi jaringan
4.       Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
5.       Kegiatan pembelajaran diakhiri dengan salam
15 menit

Pertemuan 14
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi
Waktu
A.     Pendahuluan
1.      Siswa menjawab sapaan guru, berdoa dan mengordinasikan diri siap belajar
2.       Guru memberikan informasi pentingnya kejujuran, ketelitian dan disiplin dalam melaksanakan segala sesuatu
3.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan penjelasan tentang manfaat menguasai materi pembelajaran
4.       Guru menyampaikan pokok-pokok/cakupan materi pembelajaran
15 menit
B.       Inti
Mengamati
1.      Guru mengajak siswa mengamati tayangan /gambar algoritma penjadwalan proses
2.      Guru mensimulasikan / praktek algoritma penjadwalan proses

Menanya
Siswa dan / guru mengajukan pertanyaan terkait tayangan/gambar atau teks pembelajaran tentang Penjadwalan proses

Mengeksplorasi
Siswa melakukan praktik langsung untuk mengeksplorasi algoritma penjadwalan proses pada sistem operasi

Mengasosiasi
Siswa menganalisis hasil eksplorasi algoritma penjawalan proses pada  sistem operasi dan melaporkan hasilnya pada jobsheet

Mengkomunikasikan
1.      Siswa menyampaikan hasil analisis algoritma penjadwalan proses pada  sistem operasi
2.      Siswa menanggapi  hasil analisis siswa lain untuk mengkonfirmasi dan saling melengkapi penguasaan materi algoritma penjadwalan proses pada  sistem operasi
30 menit





25 menit




25 menit



25 menit




45 menit
C.       Penutup
1.      Siswa menyimpulkan materi pembelajaran yang telah di pelajari
2.       Siswa merefleksikan penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat catatan penguasaan materi
3.       Siswa mengerjakan evaluasi materi sistem file pada sistem operasi jaringan
4.       Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
5.       Kegiatan pembelajaran diakhiri dengan salam
15 menit

VIII.        Alat/Bahan dan Media Pembelajaran

1.      Alat/Bahan
a.       Komputer / Laptop
b.      Software VirtualBox
c.       Sistem Operasi Debian
d.      Modul pembelajaran

2.      Media Pembelajaran
a.       Power Point
b.      LCD Proyektor
c.       Internet

IX.           Sumber Belajar
1.      Pranata, Kadek Surya, 2013. Sistem Operasi Jaringan Untuk SMK / MAK Kelas XI Semester I. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
2.      Madcoms, 2003.Dasar teknis instalasi jaringan komputer.Madiun:Penerbit Andi
3.      Fauziah,2011.RPL 1 Rekayasa Perangkat Lunak SMK Kelas X, Bogor:Yudhistira

X.           Penilaian Pembelajaran
1.      Jenis/teknik penilaian
2.      Bentuk instrumen dan instrumen
d.      Bentuk instrumen
1)      Test      :    Test Uraian
e.       Instrumen
1)      Test (Terlampir)
3.      Pedoman penskoran (Terlampir)

                                                                                                                                               

Download disini: RPP SOJ Pertemuan 14-16 





Comments

Popular posts from this blog

Soal UTS Pengolahan Citra Digital SMK MM Kelas XI Semester 1

MATERI V FIREWALL DI HOST DAN SERVER

MODUL / MATERI Keamanan Jaringan XII TKJ