RPP Sistem Operasi Jaringan Kelas XI/Ganjil Pertemuan 1-3 (KD 3.1/4.1)




PEMERINTAH PROVINSI JAWA BARAT
DINAS PENDIDIKAN
SMK  NEGERI 1 BALONGAN

FORMULIR
Kode. Dok
F.PBM.07
Edisi/Revisi
A/1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Tanggal
17 Juli 2017
Halaman


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah               : SMK Negeri 1 Balongan
Mata Pelajaran               : Sistem Operasi Jaringan
Kompetensi Keahlian    : Teknik Komputer Jaringan
Kelas/Semester              : XI / Ganjil
Tahun Pelajaran             : 2017/2018
Pertemuan Ke                : 1 s/d 3
Alokasi Waktu              : 3 (4 x 45 menit)

I.          Kompetensi Inti
1.         Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.         Menghayati dan Mengamalkan perilaku jujur, disiplin,tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.         Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
4.         Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

II.       Kompetensi Dasar
1.1.   Memahami nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
1.2.   Mendeskripsikan kebesaran Tuhan yang menciptakan berbagai sumber energi di alam
1.3.   Mengamalkan nilai-nilai keimanan sesuai dengan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari
2.1.   Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
2.2.   Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
3.1.   Memahami jenis-jenis sistem operasi jaringan
4.1.   Menyajikan jenis-jenis sistem operasi jaringan

III.    Indikator Pencapaian Kompetensi
Siswa dapat :
3.1.1.   Memahani jenis sistem operasi close source (Pertemuan 1-2)
3.1.2.   Memaham jenis sistemoperasi open source (Pertemuan2-3)
4.1.1.   Menyajikan informasi dan memahami mengenai jenis sistem operasi close source
4.1.2.   Menyajikan informasi dan memahami mengenai  jenis system operasi open source

IV.     Tujuan Pembelajaran
Melalui praktek dan penjelasan diharapkan
1.         Peserta didik mampu memahami mengenai jenis sistem operasi close source
2.         Peserta didik mampu memahami mengenai Jenis sistemoperasi open source
3.         Peserta didik mampu menyajikan informasi dan memahami mengenai  jenis system operasi open source
4.         Peserta didik mampu menyajikan informasi dan memahami mengenai  jenis system operasi close source

V.        Materi Pembelajaran
Jenis-Jenis Sistem Operasi Jaringan
1.       Close source
2.       Open source

VI.      Pendekatan, Model dan Metode Pembelajaran
1.      Pendekatan    :    Scientific Learning
2.      Strategi           :    Cooperatif Learning
3.      Model            :    Problem Based Learning
4.      Metode          :    Diskusi kelompok, ceramah, tanya jawab dan penugasan

VII.     Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan 1
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi
Waktu
A.       Pendahuluan
1.      Siswa menjawab sapaan guru, berdoa dan mengordinasikan diri siap belajar
2.       Guru memberikan informasi pentingnya kejujuran, ketelitian dan disiplin dalam melaksanakan segala sesuatu
3.       Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan penjelasan tentang manfaat menguasai materi pembelajaran
4.       Guru menyampaikan pokok-pokok/cakupan materi pembelajaran
15 menit
B.       Inti
Mengamati
Guru mengajak siswa mengamati tayangan /gambar tentang jenis-jenis sistem operasi jaringan

Menanya
Guru mengajukan pertanyaan terkait tayangan/gambar atau teks pembelajaran tentang jenis-jenis sistem operasi jaringan

Mengeksplorasi
Siswa secara kelompok mengeksplorasi jenis-jenis sistem operasi close source

Mengasosiasi
1.      Siswa secara pribadi dalam kelompok diminta menganalisis hasil eksplorasi jenis-jenis sistem operasi close source
2.      Siswa menganalisis secara berkelompok hasil dari pendapat siswa yang lain

Mengkomunikasikan
Siswa menyampaikan hasil analisis dalam bentuk gambar sistem operasi close source
30 menit



25 menit



25 menit



25 menit





45 menit
C.       Penutup
1.       Siswa menyimpulkan materi pembelajaran yang telah di pelajari
2.       Siswa merefleksikan penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat catatan penguasaan materi
3.       Siswa menyelesaikan tugas evaluasi
4.       Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
5.       Kegiatan pembelajaran diakhiri dengan salam
15 menit

Pertemuan 2
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi
Waktu
A.     Pendahuluan
1.      Siswa menjawab sapaan guru, berdoa dan mengordinasikan diri siap belajar
2.       Guru memberikan informasi pentingnya kejujuran, ketelitian dan disiplin dalam melaksanakan segala sesuatu
3.       Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan penjelasan tentang manfaat menguasai materi pembelajaran
4.       Guru menyampaikan pokok-pokok/cakupan materi pembelajaran
15 menit
B.       Inti
Mengamati
Guru mengajak siswa mengamati tayangan /gambar tentang jenis-jenis sistem operasi jaringan yang ditampilkan di depan kelas

Menanya
Guru mengajukan pertanyaan kepada siswa terkait tayangan/gambar atau teks pembelajaran tentang jenis-jenis sistem operasi jaringan

Mengeksplorasi
1.      Siswa secara berkelompok mengeksplorasi jenis-jenis sistem operasi close source
2.      Siswa secara berkelompok mengeksplorasi jenis-jenis sistem operasi open source

Mengasosiasi
1.      Siswa menganalisis hasil eksplorasi jenis-jenis sistem operasi close source
2.      Siswa menganalisis hasil eksplorasi jenis-jenis sistem operasi close source

Mengkomunikasikan
1.      Siswa menyampaikan hasil analisis dalam bentuk gambar sistem operasi open source
2.      Siswa menyampaikan hasil analisis dalam bentuk gambar sistem operasi close source
30 menit




25 menit




25 menit





25 menit





45 menit
C.       Penutup
1.       Siswa menyimpulkan materi pembelajaran yang telah di pelajari
2.       Siswa merefleksikan penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat catatan penguasaan materi
3.       Siswa menyelesaikan tugas evaluasi
4.       Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
5.       Kegiatan pembelajaran diakhiri dengan salam
15 menit




Pertemuan 3
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi
Waktu
A.     Pendahuluan
1.       Siswa menjawab sapaan guru, berdoa dan mengordinasikan diri siap belajar
2.       Guru memberikan informasi pentingnya kejujuran, ketelitian dan disiplin dalam melaksanakan segala sesuatu
3.       Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan penjelasan tentang manfaat menguasai materi pembelajaran
4.       Guru menyampaikan pokok-pokok/cakupan materi pembelajaran
15 menit
B.       Inti
Mengamati
Guru mengajak siswa mengamati tayangan /gambar tentang jenis-jenis sistem operasi jaringan yang ditampilkan di depan kelas

Menanya
1.      Guru mengajukan pertanyaan terkait tayangan/gambar atau teks pembelajaran tentang jenis-jenis sistem operasi jaringan
2.      Siswa diminta mengajukan pertanyaan setelah melihat tayangan yang ditampilkan oleh guru

Mengeksplorasi
Siswa secara kelompok mengeksplorasi jenis-jenis sistem operasi open source

Mengasosiasi
Siswa menganalisis hasil eksplorasi jenis-jenis sistem operasi open source

Mengkomunikasikan
Perwakilan siswa memprsentasikan hasil analisis dalam bentuk gambar sistem operasi open source
30 menit




25 menit





25 menit



25 menit



45 menit
C.       Penutup
1.       Siswa menyimpulkan materi pembelajaran yang telah di pelajari
2.       Siswa merefleksikan penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat catatan penguasaan materi
3.       Siswa menyelesaikan tugas evaluasi
4.       Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
5.       Kegiatan pembelajaran diakhiri dengan salam
15 menit



VIII.        Alat/Bahan dan Media Pembelajaran

1.      Alat/Bahan
a.       Komputer / Laptop
b.      Video
c.       Software

2.      Media Pembelajaran
a.       Power Point
b.      LCD Proyektor
c.       Internet


IX.  Sumber Belajar
1.      Pranata, Kadek Surya. 2013. Sistem Operasi Jaringan Untuk SMK / MAK Kelas XI Semester I. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
2.      Madcoms, 2003.Dasar teknis instalasi jaringan komputer.Madiun:Penerbit Andi
3.      Fauziah,2011.RPL 1 Rekayasa Perangkat Lunak SMK Kelas X, Bogor:Yudhistira

X.     Penilaian Pembelajaran
1.      Jenis/teknik penilaian
2.      Bentuk instrumen dan instrumen
a.       Bentuk instrumen
1)      Test            :    Test Uraian
b.      Instrumen
1)      Test (Terlampir)
3.      Pedoman penskoran (Terlampir)



Mengetahui,
Kepala Sekolah





Drs. H. KOMAR, M.Pd
NIP. 19580518 198703 1 003
Indramayu, 17 Juli 2017
Guru Mata Pelajaran





ISNAENI RAHMAWATI, S.Pd
NIP.


Download disini : RPP SOJ Pertemuan 1-3

 

Comments

Popular posts from this blog

Soal UTS Pengolahan Citra Digital SMK MM Kelas XI Semester 1

MATERI V FIREWALL DI HOST DAN SERVER

MODUL / MATERI Keamanan Jaringan XII TKJ