RPP Sistem Operasi Jaringan Kelas XI/Ganjil Pertemuan 10-11 (KD 3.4/4.4)



PEMERINTAH PROVINSI JAWA BARAT
DINAS PENDIDIKAN
SMK  NEGERI 1 BALONGAN

FORMULIR
Kode. Dok
F.PBM.07
Edisi/Revisi
A/1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Tanggal
17 Juli 2017
Halaman


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah               : SMK Negeri 1 Balongan
Mata Pelajaran               : Sistem Operasi Jaringan
Kompetensi Keahlian    : Teknik Komputer Jaringan
Kelas/Semester              : XI / Ganjil
Tahun Pelajaran             : 2017/2018
Pertemuan Ke                : 10 s/d 11
Alokasi Waktu              : 2 (4 x 45 menit)

I.          Kompetensi Inti
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghayati dan Mengamalkan perilaku jujur, disiplin,tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

II.       Kompetensi Dasar
1.1.       Memahami nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
1.2.       Mendeskripsikan kebesaran Tuhan yang menciptakan berbagai sumber energi di alam
1.3.       Mengamalkan nilai-nilai keimanan sesuai dengan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari
2.1.       Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
2.2.       Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
3.4.      Memahami administrasi sistem operasi jaringan
4.4.      Menyajikan hasil administrasi sistem operasi jaringan

III.    Indikator Pencapaian Kompetensi
Siswa dapat :
3.4.1.      Memahami sistem file pada sistem operasi jaringan (Pertemuan 10)
3.4.2.      Memahami administrasi mode text sistem operasi (Pertemuan 11)
4.4.1.      Menyajikan informasi dan memahami mengenai sistem file pada sistem operasi jaringan
4.4.2.      Menyajikan informasi dan memahami mengenai administrasi mode text sistem operasi

IV.     Tujuan Pembelajaran
1.      Melalui praktek dan penjelasan diharapkan peserta didik mampu memahami mengenai Sistem file pada sistem operasi jaringan
2.      Melalui praktek dan penjelasan diharapkan peserta didik mampu memahami mengenai administrasi mode text sistem operasi

V.        Materi Pembelajaran
Administrasi Sistem Operasi Jaringan
1.      Sistem file pada sistem operasi jaringan
2.      Administrasi mode text sistem operasi

VI.     Metode Pembelajaran
1.      Pendekatan    :    Scientific Learning
2.      Strategi           :    Cooperatif Learning
3.      Model            :    Problem Based Learning
4.      Metode          :    Diskusi kelompok, ceramah, tanya jawab, simulasi/praktek dan penugasan

VII.     Kegiatan  Pembelajaran

Pertemuan 10
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi
Waktu
A.     Pendahuluan
1.      Siswa menjawab sapaan guru, berdoa dan mengordinasikan diri siap belajar
2.       Guru memberikan informasi pentingnya kejujuran, ketelitian dan disiplin dalam melaksanakan segala sesuatu
3.       Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan penjelasan tentang manfaat menguasai materi pembelajaran
4.       Guru menyampaikan pokok-pokok/cakupan materi pembelajaran
15 menit
B.       Inti
Mengamati
Guru mengajak siswa mengamati tayangan /gambar tentang administrasi sistem operasi jaringan

Menanya
1.      Siswa mengajukan pertanyaan terkait tayangan/gambar atau teks pembelajaran tentang administrasi sistem operasi jaringan
2.      Guru menanyakan pada siswa tentang perbedaan sistem administrasi operasi mode GUI dan administrasi operasi mode teks

Mengeksplorasi
Siswa melakukan praktik langsung untuk mengeksplorasi sistem file pada sistem operasi jaringan

Mengasosiasi
Siswa menganalisis hasil eksplorasi sistem sistem file dengan petunjuk dari guru

Mengkomunikasikan
1.      Siswa mengkomunikasikan hasil analisis sistem file pada sistem operasi jaringan kepada guru dan siswa lain
2.      Siswa menanggapi  hasil analisis siswa lain untuk mengkonfirmasi dan saling melengkapi penguasaan materi sistem file pada sistem operasi jaringan
30 menit



25 menit







25 menit



25 menit



45 menit
C.       Penutup
1.      Siswa menyimpulkan materi pembelajaran yang telah di pelajari
2.       Siswa merefleksikan penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat catatan penguasaan materi
3.       Siswa mengerjakan evaluasi materi sistem file pada sistem operasi jaringan
4.       Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
5.       Kegiatan pembelajaran diakhiri dengan salam
15 menit

Pertemuan 11
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi
Waktu
A.     Pendahuluan
1.      Siswa menjawab sapaan guru, berdoa dan mengordinasikan diri siap belajar
2.       Guru memberikan informasi pentingnya kejujuran, ketelitian dan disiplin dalam melaksanakan segala sesuatu
3.       Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan penjelasan tentang manfaat menguasai materi pembelajaran
4.       Guru menyampaikan pokok-pokok/cakupan materi pembelajaran
15 menit
B.       Inti
Mengamati
Guru mengajak siswa mengamati tayangan /gambar dan penjelasan dari guru tentang administrasi mode teks sistem operasi jaringan

Menanya
1.      Siswa mengajukan pertanyaan terkait tayangan/gambar atau teks pembelajaran tentang administrasi sistem operasi jaringan
2.      Guru menanyakan pada siswa tentang perbedaan sistem administrasi operasi mode GUI dan administrasi operasi mode teks

Mengeksplorasi
1.      Siswa melakukan praktik langsung untuk mengeksplorasi sistem file pada sistem operasi jaringan
2.      Siswa mempraktikan langsung konfigurasi file dan administrasi mode teks pada command line

Mengasosiasi
Siswa menganalisis administrasi mode text pada sistem operasi jaringan dan membandingkannya dengan administrasi mode GUI

Mengkomunikasikan
1.      Siswa menyampaikan hasil analisis administrasi mode text sistem operasi jaringan kepada guru dan siswa lain
2.      Siswa menanggapi  hasil analisis siswa lain untuk mengkonfirmasi dan saling melengkapi penguasaan materi administrasi mode text sistem operasi jaringan
30 menit




25 menit







25 menit





25 menit




45 menit
C.       Penutup
1.       Siswa menyimpulkan materi pembelajaran yang telah di pelajari
2.       Siswa merefleksikan penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat catatan penguasaan materi
3.       Siswa mengerjakan evaluasi materi administrasi mode text sistem operasi jaringan
4.       Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
5.       Kegiatan pembelajaran diakhiri dengan salam
15 menit

VIII.        Alat/Bahan dan Media Pembelajaran

1.      Alat/Bahan
a.       Komputer / Laptop
b.      Software VirtualBox
c.       Sistem Operasi Debian
d.      Modul pembelajaran

2.      Media Pembelajaran
a.       Power Point
b.      LCD Proyektor
c.       Internet

IX.           Sumber Belajar
1.      Pranata, Kadek Surya. 2013. Sistem Operasi Jaringan Untuk SMK / MAK Kelas XI Semester I. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
2.      Madcoms, 2003.Dasar teknis instalasi jaringan komputer.Madiun:Penerbit Andi
3.      Fauziah,2011.RPL 1 Rekayasa Perangkat Lunak SMK Kelas X, Bogor:Yudhistira

X.           Penilaian Pembelajaran
1.      Jenis/teknik penilaian
2.      Bentuk instrumen dan instrumen
d.      Bentuk instrumen
1)      Test      :    Test Uraian
e.       Instrumen
1)      Test (Terlampir)
3.      Pedoman penskoran (Terlampir)
                                                                                                                                                           
              

Download disini: RPP SOJ Pertemuan 10-11

Comments

Post a Comment

Silahkan Komentar :)

Popular posts from this blog

Soal UTS Pengolahan Citra Digital SMK MM Kelas XI Semester 1

MATERI V FIREWALL DI HOST DAN SERVER

MODUL / MATERI Keamanan Jaringan XII TKJ