Pengenalan dan Instalasi Oracle + Crud & Netbeans + JSP


Assalamualaikum Wr. Wb.



Haloo semuaaa, Catatan Isna kali ini akan membahas tentang Pengenalan dan Instalasi Oracle + Crud & Netbeans + JSP hehehe...


ini nih bahan-bahan buat Install nyaaa...




1.  INSTALASI ORACLE  

Oracle Corporation adalah salah satu perusahaan pembuat software yang terkenal khususnya pada Database software. Perusahaan ini telah mengeluarkan banyak versi dari software mulai dari oracle 6.0, 8i, 9i hingga 10g. Disini kita akan coba instal Oracle 10g Express. 

1. Klik dua kali installer Oracle 10g Express Edition Anda.Maka akan muncul dialog berikut


oracle installer akan melakukan prosedur instalasi awal, termasuk memeriksa keadaan sistem windows anda.

2.  Setelah itu oracle akan menampilkan dialog kedua, anda klik saja tombol Next



3.  Selanjutnya muncul dialog yang berisi persetujuan untuk  instalasi software ini.Jika Anda berkenan lebih baik baca saja persetujuan ini agar tahu etika penggunaan software ini.



Setelah Anda menyetujui persetujuan lisensi Oracle 10g Express Edition, selanjutnya tekan Next

4. Kemudian Oracle installer akan meminta anda untuk menentukan direktori untuk instalasi oracle, secara default oracle sudah menentukan di C:\OracleXE, anda bisa mengubahnya namun disarankan untuk mengikuti default. Dan klik Next.


5. Tahapan selanjutnya anda akan diminta untuk membuat password untuk user SYS dan SYSTEM. Kedua user ini merupakan user tertinggi dalam system Oracle. Berilah password dan klik Next



6.  Setelah password diberikan, installer akan memberikan informasi mengenai port HTTP yang akan digunakan oleh APEX (Application Express) untuk anda bisa mengelola database.



Lalu klik Install


7.  Kemudian anda diminta menunggu hingga proses instalasi selesai



8.   Jika tahap instalasi file sudah selesai oracle akan menampilkan dialog seperti ini



Klik Finish. Tahapan instalasi Oracle telah berhasil..


2.  PENGENALAN LINGKUNGAN ORACLE DATABASE HOMEPAGE

  1. Pastikan Oracle Service sudah menyala dengan memeriksanya di Windows Task Manager.Setelah Service berjalan, kita pilih Oracle Database Homepage dengan menekan tombol Start  -> All Programs  -> Oracle 10g Database Express Edition  -> Go To Database Homepage. Maka akan tampil sebuah aplikasi web seperti dibawah ini.





    Kita akan masuk ke halaman Login. Isikan dengan menggunakan akun yang kita buat saat instalasi.
  2. Setelah Login maka kita akan masuk pada halaman Home


  3. Untuk menggunakan SQL Oracle di Database Homepage pilih SQL, lalu pilih SQL Commands. Maka akan muncul halaman SQL seperti berikut

  4. Setelah Anda menggunakan Oracle Database Homepage pastikan Anda logout agar tidak terjadi kebocoran keamanan data.  

3.  MENGUNAKAN SQL * PLUS

Selain menggunakan tampilan berbasis GUI seperti Oracle Database Homepage. Kita  juga bisa menggunakan aplikasi SQL Plus yang berbasis command line.  Kita  bisa  memulainya  dengan memilih  Start  -> All  Programs  -> Oracle 10g Database Express Edition  -> Run SQL Command Line.



1.    Setelah SQL Command Line muncul,  sama seperti Oracle Database Homepage, Anda harus memakaiaccount yang dibuat saat pertama kali instalasi.



2.             Setelah connected maka Anda sudah bisa memulai proses pemakaian database.



3.             Untuk melihat isi tabel apa saja yang ada pada sistem, berikut sintaksnya  



4.             Setelah selesai menggunakan aplikasi ini, Anda harus melakukan  Logout. Caranya dengan mengetikan sintaks berikut 


4.  INSTALASI NETBEANS

Sekarang kita instalasi Netbeans ya kawan-kawan. Tau Netbeans gak?? nih aku kasih tau yaaaa haha.... :D  Netbeans adalah sebuah  Integrated  Development  Environment bagi  programmer yang  ingin  mengembangkan aplikasi  Java  didalam  J2SE,J2ME,atauJ2EE.Selain  itu  didalam  Netbeans  pun  terdapat  beberapa bahasa pendukung seperti Jython,Ruby,C/C++,dan PHP.

1.      Pastikan temen-temen sudah mempunyai installer Netbeans. Uppsssssss tapi sebelumnya temen-temen harus udah nginstall ini niiiiiiiiiiiih :  Java Development Kit




Nah setelah itu jika sudah punya Installer Netbeans klik dua kali installer Netbeans tersebut. Maka akan tampil prompt seperti berikut.






2.   Tunggu  sebentar maka akan muncul  Prompt.  Disana  akan  diinstallkan beberapa   Aplikasi  yang  sudah  terintegrasi   di  dalam  Netbeans.  Karena  kita  akan menggunakan Netbeans untuk membuat JSP danServlet. Kita tekan dulu tombol Customize.





Jika kamu sudah menekan tombol Customize maka akan tampil prompt seperti gambar dibawah ini. ------->




Kita bisa  menentukan aplikasi  apa  saja  yang  akan  diinstall. Tapi  untuk  keperluan latihan  kali  ini  yaitu  membuat JSP  dan  Servlet. Temen-temen  harus  mencheck  checkbox  Apache Tomcat.

ApacheTomcat  adalah  salah  satu  aplikasi  server  yang  digunakan untuk  me-run  JSP  dan Servlet yang kita buat. Glass Fish pun termasuk server untuk JSP dan Servlet. Tapi kita akan gunakan  Apache  Tomcat  saja  untuk  praktikum  ini.  Jika  sudah  dicentang  seperti  gambar dibawah ini .Tekan OK.




3.      Maka semua aplikasi yang Anda pilih akan muncul diprompt berikut


Selanjutnya tekan Next.

4.     Lalu  muncul Term  of Agreement dari Netbeans. Pilih  saja I Accept The Terms License Agreement. Kemudian  tekan  tombol Next

5.    Berikutnya  temen-temen akan menentukan lokasi  instalasi Netbeans  dan mencari  tempat  instalasi Java Development Kit yang Anda miliki. Jika sudah terinstall maka otomatis lokasi telah ditentukan.



6.    Berikutnya Anda akan menentukan lokasi instalasi untuk Glass Fish dan Apache  Tomcat. Setelah Anda menentukan lokasi instalasi kedua aplikasi tersebut tekan tombol Install.






7.    Berikutnya tunggu sampai proses instalasi berhasil Jika proses instalasi berhasil.Anda bisa langsung memakai Netbeans.



4.  MEMBUAT JSP SEDERHANA

Setelah Anda berhasil menginstal lNet beans di PC atau Laptop Anda Sekarang kita tinggal mencoba membuat sebuah halaman JSPdi Netbeans

1.                  Pertama buka Netbeans yang sudah terinstall di PC/Laptop teman-teman.



2.         Kemudian pilih File->NewProject. Maka akan tampil prompt seperti berikut.



Disana terdapat banyak pilihan untuk membuat aplikasi yang kamu inginkan. Untuk latihan ini kita  pilih  Java  Web  untuk  membuat JSP  dan  Servlet. Pilih JavaWeb->WebApplication. Kemudian tekan tombol Next.

3.                  Kemudian akan muncul prompt seperti berikut



Pada prompt diatas kita bisa menentukan nama project, lokasi project dan  folder project. Sekarang  kita ubah  nama  projectnya  menjadi  coba. Kemudian  tekan  tombol  Next yaaaa.

4.                  Lalu akan muncul prompt seperti berikut.


Disini kita harus menentukan server apa yang akan dipakai untuk pembuatan aplikasi web Anda. Untuk latihan kali ini gunakan ApacheTomcat. Kemudian tekan tombol Next.

5.                  Berikutnya akan muncul prompt seperti berikut ini



Disini kita bias menentukan frame work apa yang akan dipakai.Tapi untuk latihankali ini kita tidak akan memakainya. Jadi tekan Finish saja.

6.                  Jika selesai menentukan project. Secara default Netbeans akan menampilkan halaman index.jsp dari
            project yang kita buat seperti berikut.



Halaman tersebut berisi sintak HTML dan JSP. Untuk menguji cobanya tekan tombol berbentuk tombol Play atau tekan F6.

.

7.              Saat tombol Play ditekan Netbeans akan melakukan beberapa  task yang tidak ditampilkan seperti mengaktifkan Apache Tomcat,mengcompile file jsp Anda,menginstall aplikasi web Anda di  Apache Tomcat dan beberapa  task lainnya.Tapi dengan memakai Netbeans kita langsung disuguhkan browser dengan hasil seperti ini.
8.        Selanjut nya tambah kan sintaks berikut dibawah kata ‘HelloWord’




Sintaks tersebut akan menampilkan looping sederhana i. Setelah dieksekusi maka hasilnya sebagai berikut :




Naaah temen-temen tadi udah melakukan Instalasi Oracle dan Netbeans. Dan juga udah belajar mengenal dan membuat syntax nyaaa, semoga bermanfaat yaa, jangan lupa untuk rajin coba-coba yaaa. Dari coba-coba jadi biasa, dari biasa jadi RUUUUUUUUAAAR BIASA HAHA :D


Wassalamu'alaikum Wr. Wb :)


Comments

Popular posts from this blog

Soal UTS Pengolahan Citra Digital SMK MM Kelas XI Semester 1

MATERI V FIREWALL DI HOST DAN SERVER

LATIHAN SOAL PAS XI MM (Teknik Animasi 2D dan 3D)